Tugu Insurance Selesaikan Pembayaran Klaim Senilai Rp 286 Miliar. Sumber Media Asuransi.
Asuransi Terkini Jaga Negeri

Tugu Insurance Lunasi Klaim Senilai US$19 Juta Pasca Ledakan di Pabrik Pupuk Kaltim

AsuransiAman.com – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) telah menyelesaikan pembayaran klaim senilai US$ 19 juta atau setara dengan Rp 286,72 miliar terkait peristiwa ledakan di unit steam methane reforming (SMR) Pabrik V milik PT Pupuk Kalimantan Timur. Perusahaan asuransi tersebut berperan sebagai konsorsium dalam penyelesaian klaim ini.

Menurut Tugu Insurance, hasil dari investigasi menyeluruh yang dilakukan sesuai dengan prosedur penanganan klaim menunjukkan bahwa ledakan yang terjadi pada 23 Juli 2022 disebabkan oleh kerusakan yang mengakibatkan malfungsi salah satu instrumen di unit SMR Pabrik V. Malfungsi tersebut kemudian memicu ledakan dengan kerugian mencapai US$ 19 juta.

Pembayaran klaim atas kerugian yang dialami oleh PT Pupuk Kaltim, bagian dari Pupuk Indonesia Group, telah diselesaikan sepenuhnya. Pembayaran termin pertama senilai US$ 3,96 juta dilakukan pada 21 Februari 2023. Sementara pembayaran final senilai US$ 15,15 juta dilakukan pada 4 Januari 2024 lalu. Seremonial penyelesaian klaim ini dilangsungkan di Bali dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk direktur pemasaran asuransi dan direktur teknik dari Tugu Insurance, serta beberapa perwakilan dari Pupuk Indonesia.

Ery Widiatmoko, direktur pemasaran asuransi Tugu Insurance, menjelaskan bahwa sebagai Leader Konsorsium, perusahaan sangat menyadari tanggung jawabnya untuk melakukan pembayaran klaim sebesar 100% dari bagian konsorsium terlebih dahulu, tanpa harus menunggu pembayaran dari anggota konsorsium lainnya atau reasuradur.

“Tanggung jawab pelunasan pembayaran klaim ini dapat kami laksanakan secara baik dengan dukungan kekuatan keuangan yang kami miliki, dan tujuan utamanya adalah untuk menjaga kepercayaan PT Pupuk Indonesia (Persero) & Group terhadap kredibilitas Tugu Insurance sebagai Leader Konsorsium,” ujar Ery dalam keterangan resmi pada Kamis (14/3/2024).

Sebagai informasi tambahan, komposisi share konsorsium ini melibatkan Tugu Insurance sebagai Leader dengan bagian sebesar 45%. Anggota konsorsium lainnya terdiri dari BRI Insurance (32,5%), PT Asuransi Ramayana Tbk (20%), PT Asuransi Ekspor Indonesia (2%), dan PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (0,5%). Dengan kerjasama yang solid dari seluruh anggota konsorsium, proses penyelesaian klaim ini dapat dilakukan dengan baik, memastikan perlindungan yang efektif bagi klien yang terkena dampak dari peristiwa tersebut.

Baca juga: Panduan Sukses Bisnis Modal Kecil di Indonesia

Sumber: CNBC.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments